Monday, December 18, 2023

BACAAN DOA SEHARI-HARI

 BACAAN DOA SEHARI-HARI

                       Doa merupakan senjata utama umat Islam. Manusia yang tidak pernah berdoa termasuk manusia yang sombong, karena doa adalah bentuk penghambaan seorang manusia kepada Tuhannya.. Dengan berdoa, artinya kita melibatkan Allah dalam segala aktifitas kita. Berikut ini adalah beberapa bacaan doa sehari-hari yang dapat kalian amalkan sebagai seorang muslim:

1. Doa Bangun Tidur

Alhamdulillah hilladzii ahyaanaa ba'damaa amaatanaa wailaihin nusyur

artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepadaNya kami kembali

2. Doa masuk kamar mandi

Allohumma inni a'udzubika minal khubutsi wal khobaaits

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan

3. Doa keluar kamar mandi

Alhamdulillah hilladzi adzhaba 'anil adaa wa 'afaanii

Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan dari diriku kotoran dan menyehatkan aku

4. Doa mau makan

Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa waqinaa 'adzaabannaar

Ya Allah, berkahilah kami dan apa yang engkau anugerahkan kepada kami dan jagalah kami dari siksa api neraka

5. Doa sesudah makan

Alhamdulillahil ladzii ath'amanaa wasaqona waja'alanaa minal muslimin

Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kami dan menjadikan kami golongan orang muslim

6. Doa keluar rumah

Bismillahi tawakkaltu 'alalloh, laa haula walaa quwwata illa billah

Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah

7. Doa akan tidur

Bismika allohumma ahyaa wabismikaa aamuut

Dengan menyebut namaMu ya Allah aku hidup, dan dengan menyebut namaMu ya Allah aku mati

8. Doa untuk kedua orang tua

Allohummaghfirlii waliwaalidaiyaa warhamhumaa kamaa robbayaani shoghiiroo

Ya Allah ampunilah aku dan kedua orang tuaku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka menyayangiku sewaktu kecil

9. Do'a kebaikan dunia akhirat

Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wafil aakhiroti hasanah waqinaa 'adzaabannar

Ya Allah berikan lah kami kebaikan di dunia dan di akhirat serta jagalah kamii dari siksa neraka

10. Doa akan belajar

Robbii zidnii 'ilmaa warzuqnii fahma

Ya Tuhanku berikanlah aku ilmu dan rizki kefahaman 

Itulah beberapa contoh bacaan doa sehari-hari yang dapat kalian amalkan. semoga Allah senantiasa melindungi kita semua Amiiin

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)