Saturday, October 28, 2023

FENOMENA PEMBULATAN HARGA DAN KEMBALIAN PERMEN PADA TRANSAKSI JUAL BELI

 FENOMENA PEMBULATAN HARGA DAN KEMBALIAN PERMEN PADA TRANSAKSI JUAL BELI


A. FENOMENA PEMBULATAN HARGA

Pada masa sekarang uang receh memang sangat sulit diperoleh (langka). Hal tersebut memaksa pedagang melakukan praktek penggenapan uang sisa pembelian. Pembulatan bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam hal pengembalian dan sebisa mungkin jumlah nominal harga yang dibulatkan masih dalam tahap tolerir dan dapat dimaklumi oleh masyarakat pada umumnya.

Penggenapan / Pembulatan uang sisa pembelian terjadi bukanlah kesalahan dari pihak penjual tetapi lebih dikarenakan keadaan yang menyulitkan. Keadaan sulit yang dialami penjual dapat diklarifikasikan sebagai ghoiro mu'tadah yaitu kesulitan yang tidak pada kebiasaan dimana manusia tidak mampu memikul kesulitan itu. karena jika ia melakukannya maka akan merusak diri dan memberatkan kehidupannya. Kesulitan yang seperti ini lah yang diperbolehkan menggunakan rukhsah.

B. FENOMENA PENGEMBALIAN DENGAN PERMEN

Penggantian uang kembalian dengan permen ini juga terjadi akibat karena adanya kesulitan yang tidak dapat dihindari. sehingga pihak penjual dapat mengambil rukshah dengan mengganti uang sisa pengembalian dengan permen.. Praktek pengembalian dengan permen dalam kegiatan jual beli terdapat akad baru yaitu menerima sisa pengembalian dalam bentuk permen. Hukum akad tersebut diperbolehkan oleh fiqh karena termasuk akad jual beli mu'athamah.

Pengembalian dengan perman dalam transaksi jual beli diperbolehkan menurut fiqh karena sebagaimana penggenapan uang sisa dengan permen ini berawal dari adanya masaqah ghairu mu'tadah sehingga diperbolehkan untuk mengambil rukhsah. Dan adanya akad tambahan dalam penggantian uang sisa termasuk al bay al mu'atah maka dengan mengikuti ulaman hukum tersebut diperbolehkan dengan kerelaan pihak pembeli dan masih dalam batas kewajaran.

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)