Sunday, January 15, 2017

Membaca Tabel dan Grafik



Membaca Tabel dan Grafik 

Tabel adalah daftar yang berisi sejumlah data atau fakta informasi yang tersusun secara sistematis menurut kesatuan tertentu. Tabel dapat membantu menyimpulkan gagasan-gagasan tertentu dalam bacaan. Dengan tabel kita mengetahui secara singkat data mengenai gagasan dalam bacaan. Membaca sebuah tabel dapat dilakukan dengan cara membaca memindai (scanning). Scanning adalah teknik membaca untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca yang lain-lain. Jadi langsung ke masalah yang dicari yaitu fakta khusus atau informasi tertentu.
Membaca tabel dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Membaca judul
Dari judul kita dapat memahami isi atau informasi yang akan disampaikan
2.      Membaca keterangan atau informasi yang ada dalam kolom atas, samping dan bawah. Keterangan merupakan penjelasan tentang data yang disampaikan.
3.      Mengajukan pertanyaan tentang tabel
Cara yang bisa anda lakukan dengan mengubah data menjadi pertanyaan. Misalnya: siapa, apa, di mana, berapa, kapan dll
4.      Mendapatkan jawaban dalam tabel atas pertanyaan-pertanyaan tentang tabel
Grafik adalah lukisan atau gambar yan gmenjelaskan pasang surutnya suatu data. Grafik dibentuk oleh garis horizontal dan garis vertikal. Pasang surutnya data itu menggunakan titik pertemuan antara garis horizontal dan garis vertikal.
Grafik adalah penyajian data atau ide yang kompleks menjadi sederhana. Dengan grafik, gambaran, perbandingan/ gambaran hubungan variable dijelaskan secara kompleks, komprehensif, padat, sederhana, dan singkat namun jelas.
Orang yang sibuk lebih suka mempelajari suatu grafik statistik. Akan tetapi tidak semua pendapat disajikan dalam bentuk grafik. Dengan grafik dapat dimungkinkan untuk menyampaikan ide yang kompleks menjadi lebih sederhana. Grafik dapat memberi gambaran suatu data secara efektif kepada pembaca. Ciri utama grafik adalah sederhana tapi jelas. Grafik dapat menggambarkan perbandingan dan hubungan antara dua atau beberapa variable secara komprehensif, padat, singkat, dan sederhana. Grafik merupakan penyajian visual (dapat dilihat) yang dipakai untuk membandingkan jumlah yang harus diuraikan secara panjang lebar dengan kalimat dapat digambarkan dengan singkat dalam bentuk grafik.

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)