Sunday, January 15, 2017

Menulis teks pidato



Menulis teks pidato

Pidato adalah penyajian lisan kepada sekelompok orang/ khalayak. Seseorang bicara di atas podium atau mimbar dan isi pembicaraannya diarahkan kepada orang banyak. tujuan dari pidato adalah untuk memberitahukan sesuatu kepada pendengar (instruktif), untuk menyenangkan / menghibur pendengar (rekreatif) dan untuk mempengaruhi pendengar (persuasive). Secara garis besar isi pidato terdiri dari 3 bagian yaitu:
a.       Pembuka
b.      Inti/ isi
c.       Penutup
Langkah menyusun teks pidato:
1.      Menentukan tema/ pokok pembicaraan yang disesuaikan dengan tujuan pidato
2.      Mendaftar pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pidato
3.      Menyusun kerangka pidato
Kerangka pidato mengandung 3 unsur pokok yaitu:
a)      Pendahuluan, biasanya berisi salam pembukaan, ucapan syukur kepada Tuhan,/ ucapan terimakasih ke berbagai pihak terkait.
b)      Isi, harus sesuai dengan tujuan dan tema / pokok pembicaraan yang telah ditentukan sebelumnya.
c)      Penutup, bagian ini merupakan kunci keseluruhan isi pidato. Bagian ini biasanya berupa seruan untuk membangkitkan semangat, saran, harapan-harapan, rangkaian bagian penting, ucapan terimakasih, permohonan maaf, dan salam penutup.
4. Menyusun atau mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah/ teks pidato dengan menggunakan kalilmat yang mudah dipahami. Pidato biasanya disampaikan dalam acara formal/ resmi. Oleh karena itu naskah/ teks pidato hendaknya menggunakan bahasa baku dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan kata yang tepat. Misalnya menggunakan Bapak, Ibu, Anda, dan Saudara, bukan kamu/ engkau. Selain itu, sebelum menyusun naskah pidato alangkah baiknya anda membaca buku-buku yang berkaitan dengan topik atau dengan materi pidato. Buku-buku itu dapat anda jadikan referensi/ sumber acuan, sumebr rujukan untuk menyusun naskah pidato. Selain anda menyusun teks pidato anda juga dapat menyunting teks pidato anda.
Sunting/ menyunting adalah menyiapkan naskah atau karangan siap jadi dengan memperhatikan segi jenis, sistematika penyajian isi dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat).
Macam-macam metode pidato:
1.      Metode serta merta (impromptu)
Yaitu pidato yang dilakukan tanpa persiapan atau tanpa menggunakan teks.
2.      Metode menghafal
Yaitu pidato yang dilakukan dengan menghafalkan naskah
3.      Metode naskah
Adalah pidato yang dilakukan dengan membaca naskah
4.      Metode ekstemporan
Yaitu pidato yang dilaksanakan dengan membuat outline/ kerangka pidato terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)