Thursday, August 4, 2016

Desember (part 2)



Esok hari tanggal 25 Desember 2010, libur nasional perayaan Natal. Vita menerima sebuah pesan singkat di telepon genggamnya. Pesan itu dari kontak yang dinamai Vita dengan emoticon smile “:)”. Entah siapa namanya. Vita membuka pesan itu.
From:  :)
Selamat pagi. Hai Vit. Apa kabar? Liburan kemana? Jalan yuk.
Vita tak membalas dan beranjak dari tempat tidurnya menuju halaman belakang rumah. Dia menyapu halaman belakang dan halaman depan rumah. Selesai menyapu halaman, dia menyapu lantai. Sampai di teras rumahnya dia melihat sebuah kotak. Kotak itu dibungkus kertas berwarna biru muda bermotif panda. Ada lilitan pita di sekeliling kotak.
“kado? Dari siapa? Buat siapa?” pikir Vita dalam hati
Dia membolak-balikan kado itu. Tertulis “Untuk Vita”. .”jangan-jangan ini kado dari?” Dia tersenyum dan cepat-cepat menyelesaikan pekerjaan rumahnya.
Selesai menyapu dia masuk rumah dan membawa kado itu ke meja makan. Ibunya yang sedang menyiapkan sarapan bertanya padanya.
“kado dari siapa Vit?”
“nggak tahu Ma. Tadi ada di depan rumah.”
“kok nggak tahu. Kan ada nama pengirimnya Vit”
“nggak ada Ma. Adanya hanya tulisan “untuk Vita”.”
“coba dibuka Vit. Siapa tahu nama pengirimnya ada di dalamnya.”
“Iya, nanti saja Ma. Setelah sarapan”
“yasudah terserah kamu saja. Hari ini kamu mau kemana?”
“nggak kemana-mana Ma. Kenapa?”
“Ayo ikut mama. Beli bahan ke toko langganan Mama.”
“Memang tokonya tidak tutup Ma?”
“Tidak. Bukan ke toko. Mama kemarin sudah janjian sama pemiliknya. Katanya bisa langsung diambil dirumahnya.”
“oh gitu. Iya deh.oke”
Selesai sarapan Vita buru-buru masuk kamar dan membuka kado itu. Sebuah boneka panda dan secarik kertas. Boneka panda adalah boneka kesukaan Vita. Ada banyak koleksi bergambar panda di kamarnya. Mulai dari gantungan kunci, wall paper, jam, selimut dll. Dia membaca kertas dari pengirim itu.
Selamat ulang tahun Vit. Maaf kemarin belum sempat ngasih ke kamu.
Dia teringat pesan di telepon genggamnya. Cepat-cepat dia membalas pesan itu. Pagi juga, kabar aku baik. Kalau hari ini aku mau nemenin mama beli bahan buat baju. Gimana kalau nanti sore?
Dia membalas
Oke nanti sore ya. Di Cafe biasa.
“Vita, ayo berangkat sayang.”
“iya Ma, sebentar lagi.”
Vita dan Mamanya berangkat menuju rumah penjual kain. Sampai di sana Vita bertemu seseorang yang dia kenal.
“eh itu anak saya yang tadi saya ceritakan bu. Dia juga satu sekolah sama kamu nak Vita.  Za, sini sayang“
“Reza?”
“loh Vita. Kamu di sini?”
“iya, oh jadi ini rumah kamu.”
“kalian sudah kenal?” Tanya Mama Reza.
“iya Ma. Baru aja kemarin ketemu. Dia ini temennya Amel Ma. Temen SMP ku dulu, yang chubby itu lho.”
“oh iya ya mama ingat. Ajak Vita ke teras kalau mau ngobrol Za. Mama ada perlu sama Mamanya Vita.”
“oh iya Ma. Ayo Vit kita ngobrol di sana aja.”
Pukul 15.30 Vita bersiap untuk pergi. Memakai baju putih dan celana jeans sambil membawa jaket Vita menuruni tangga rumahnya. Dia pamit pada Ibunya ada janji dengan Edgar. Ya teman masa kecilnya. Meskipun usiannya lebih tua dari Vita, Vita tak canggung memanggilnya dengan sebutan Edgar tanpa menambahi embel-embel di depan namanya.
Saat masih Sekolah Dasar, Edgar dan Vita selalu berangkat sekolah bersama. Vita masuk Sekolah Dasar 2 tahun setelah Edgar daftar. Di sekolah Edgar selalu menjaga Vita dari gangguan teman-teman Vita yang jahil, tapi Edgar sendiri selalu menjahili Vita. Pernah sewaktu pulang sekolah Edgar meninggalkan Vita dan pulang duluan. Di tengah jalan Vita dijahili teman-temannya. Tas nya diletakkan di atas pohon. Edgar yang ternyata mengikuti Vita dari belakang langsung menolong. Meskipun telah ditolong Edgar, Vita tetap kesal pada Edgar. Dengan muka masam ia meninggalkan Edgar dan pulang duluan.
Edgar yang merasa bersalah langsung menyusul Vita ke rumahnya dan mencoba minta maaf pada Vita. Namun Vita yang terlanjur kesal pada Edgar menolak untuk memafkannya. Mama Vita yang tahu masalah mereka berdua menyarankan pada Edgar agar besok datang lagi, karena dia menganggap Vita akan lupa dan memaafkan Edgar besok.
Namun ternyata Vita tetap tidak mau memaafkan Edgar. Pulang sekolah Edgar pergi ke taman yang selalu Vita datangi. Dan benar Vita sedang bermain ayunan di sana. Dengan membawa gambar kartun dan tulisan maaf, Edgar menghampiri Vita. 5 langkah di belakang Vita, Edgar melihat tanaman berduri yang mempunyai bunga berwarna pink. Dipetik bunga itu dan menjadi tambahan persembahan maafnya untuk Vita. Dengan langkah pelan ia menghampiri Vita. Vita yang melihat Edgar datang tak menghiraukannya seakan dia tak melihat. Edgar menyapanya dan mengatakan maaf dengan tulus berkali-kali. Edgar juga mengeluarkan persembahan maafnya pada Vita. Entah mungkin karena lelah mendengar Edgar meminta maaf atau karena melihat bunga dan tulisan yang dibawa Edgar, Vita dengan sekejab memafkan Edgar. Mereka mulai bersahabat kembali dengan syarat Edgar tak akan meninggalkan Vita lagi seperti kejadian di sekolah kemarin.
Vita naik taksi menuju Cafe. Disana Edgar sudah menunggunya. Selama di cafe, mereka berdua berbicara banyak hal. Bercerita tentang hal yang mereka lalui saat masih kecil hingga sekarang. Bertanya tentang kegiatan masing-masing selama beberapa bulan tidak bertemu. Maklum saja, saat ini Edgar kuliah jurusan animasi di Jakarta. Dia hanya pulang saat liburan. Itupun jika tidak ada kegiatan organisasi. Vita senang Edgar dapat pulang saat perayaan Natal dan Tahun Baru seperti ini. Itu artinya Vita mempunyai teman untuk pergi saat Tahun Baru nanti.
“Oh iya Vit, Selamat Ulang Tahun. Maaf telat. Kemarin sibuk mengurus masalah mudik. Hehe”
“makasih Gar, iya nggak papa kok . Aku paham. Makasih ya hadiahnya .”
“hah kamu ini, baru aja mau aku kasih  hadiahnya, sudah nyindir kseperti ini. Ini kakak bawa kado buat kamu.”
“apa lagi ini Gar? Bukannya kakak sudah memberi aku kado?
“kapan Vit? Aku baru aja ketemu kamu hari ini.”
“tadi pagi bukannya kamu yang ngirim kado ke rumah aku?”
“Bukan Vit. Mungkin teman kamu.”
“ehhmmmm teman ku? Hmmm siapa?”
“ah jangan dipikir serius Vit. Ayo dibuka dong kadonya.”
“waaahhhh jam tangan nya bagus banget Gar. Terimakasih banyak.”
“iya sama-sama.”

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)