Friday, August 5, 2016

Belajar buat Nyari Duit Sendiri



Belajar buat Nyari Duit Sendiri
(by: Pengusaha sukses amiiinnnnnn)

Assalamualaikum... apa kabar?? Semoga selalu sehat dan dirahmati Allah dalam segala hal... sudah lama juga aku tidak menulis catatan.. hehe kebanyakan catatannya tentang pengalaman nonton konser yaa?? Maklumin aja yaa,,, oh iya kali ini aku mau bercerita tentang pengalaman entrepreneurku.. (ciee sok banget pakek kata entrepreneur segala).. oke kita ganti usaha kecil-kecilan ... usaha apa itu?? Sebenernya bukan usaha juga sih, tapi bisa datengin duit. Apa dong jadinya.. hahaha terserah apa namanya.. intinya usaha ini cuma ngikut arus aja :D asal-asalan dan cuma buat seneng-seneng karena bisa nyari duit sendiri..
Dimulai dari zaman aku kuliah semester awal.. adekku lagi ada tugas bahasa Indonesia. Dia diberi tugas untuk membuat karya ilmiah, yahhh kayak penelitian gitu.. tapi masih dalam tahap belajar. Belum bener-bener neliti. Terus aku kepikiran nyuruh dia buat nawarin jasa pengetikan ke temen-temennya. Eh ternyata ada yang mau. Lumayan lah 5 -6 anak.. hehehe nah mulai dah tu, temen-temennya ngasih coret-coretan karya ilmiahnya ke adekku. nah aku mulai ketik dah itu tugas terus diprint di deket kampus.. lumayan harganya lebih murah dibanding di daerahku.. heheehe Alhamdulillah hasilnya bisa buat beli bensin.. sebenernya nggak seberapa sih.... tapi lumayan seneng bisa ngasilin duit sendiri.. hahaha nyampek gak kerasa duitnya udah habis entah kemana.. :D
Terus ada juga, dapet uang lebaran 500 ribu.. buat apaan yaaa?? Mikir-mikir, kayaknya lumayan buat beli saldo pulsa.. nah mulai dah jualan pulsa.. nggak cuma aku, tapi adekku juga aku kasih saldo biar jual ke temen-temen SMA nya.. (Alhamdulillah sampai sekarang masih jalan).. yah meskipun untungnya gak seberapa dan modalnya kadang ilang-ilangan.. hahahah sambil belajar laah..... :D
Terus kepikiran juga cara nyari duit lewat internet.. setelah nyari-nyari ternyata ada banyak cara.. pertama jualan lewat media sosial (onlineshop).. atau nulis alias nge-blog.. aku pilih cara kedua yaitu nge-blog... walhasil ini lah blogku... (sampai sekarang belum bisa ngasilin duit blog-nya) *tear* mungkin ada yang mau ngiklan di sini?? Hihihihi (sekarang aku ngikut nulis di blog orang, hehehe kalo nulis di blog sendiri belom ada yang bayar) hahahaha
Next.. bimbingan belajar... hehehe awalnya sih cuma ngajarin keponakan.. eh dateng lagi satu... kemudian dateng lagi... dulu pernah sampek 7 anak.. yah aku niatnya dulu cuma bantu belajar.. tapi lama-lama orang tuanya ngasih duit.. beberapa bulan aku tolak. *Soalnya kurang banyak hahaha (bercanda deng ). Soalnya nggak enak, belajarnya juga masih asal-asalan.. tapi lama-lama akhirnya aku terima juga.. sebagai tanda terima kasih katanya.. hehehe  Alhamdulillah kalau gitu.. meskipun nggak seberapa kalau dibandingkan dengan lembaga belajar di kota.. yaahh may be itu take and give... tapi sebenernya niatnya untuk membagi ilmu.... sampai sekarang yang masih belajar di rumah ada 5 anak..
Semester 3 mulai ditawarin ngajar di TPQ. Ada tiga anak yang diajak buat ngajar di TPQ.. akhirnya kita bertiga memutuskan untuk menerima ajakan tersebut.. itung-itung sambil belajar.. soalnya jurusan kita bertiga pendidikan... hehehe alhamdulillah banyak ilmu yang didapat.. ada senengnya ada sedihnya.. namanya juga ngadepin anak-anak.. musti teriak-teriak (dan aku paling nggak bisa teriak).. duuuhhh Alhamdulillah sampai sekarang masih di sana.. semoga berkah dan bermanfaat apa yang aku ajarkan.. amiiiiinnnnnnn
Nih yang paling lucu... hahahah ini nurutin idenya adek.. mau bikin usaha bros dan gantungan kunci dari kain fanel... udah beli semua bahan dan alat, eh berhenti di tengah jalan.. padahal dia yang paling semangat... yah sudah, bros nya akhirnya aku pakek sendiri.. hahaha terus pernah juga kepikiran buat usaha jelly cup.. targetnya siswa sekolah.. oke akhirnya kita beli cup, jelly, dan sebagainya.. kita kerja sama dengan adek ponakan.. kita nitipin dah itu jelly de dia biar dia jual ke temen-temennya.. eh dia mau dan semangat.. hari pertama oke.. hari ke dua lumayan.. hari ke tiga berhenti hahahah prospek nya nggak jamin... :D
Terakhir.. usaha jualan menu buka puasa (takjil).. kali ini bukan cuma aku dan adek.. tapi kerja sama dengan temen-temen pemudi di sekitar rumah.. ada 5 orang yang berpartisipasi.... hehehe awalnya kirain bercanda, eh ternyata jadi beneran... hhahahaha mulai dah itu kita iuran, beli ini itu... dan akhirnya hari ke tiga puasa kita mulai jualan... minggu pertama pendapatannya bagus.. minggu kedua juga bagus.. minggu ke tiga akhir, cuaca mulai tidak mendukung.. tiap sore turun hujan dan disertai angin.. dagangan pun nggak habis... yahhh kalau dibandingin dengan pas awal-awal buka stand penghasilannya beda jauh..... mulai dah tu kita rada turun semangatnya... setelah dipikir-pikir dan diskusi, akhirnya kita berhenti jualan ... hahaha Tanya keuntungan?? Yahhhh bayangin aja dibagi 5.. hahah lumayan lah buat beli paket internet... :D lagi-lagi kata andalan kita adalah “namanya juga belajar.... “ hehehehe
Mungkin itu beberapa usaha yang udah aku lalui sampai saat ini... intinya sih kalo kita punya ide, realisasikan.. coba dan jangan gampang menyerah kayak aku... :D oh iya pikir juga itung-itungan rugi untungnya ( kalo yang di atas tadi nggak ada itung-itungannya) :D niatin juga buat ibadah sama Allah... hehehe
Oh iya,, ada yang punya saran biar bisa nemu usaha yang bener-bener bisa menjanjikan?? Atau ada yang mau kerja sama bikin usaha?? aku mau loooo... hehehe oke mungkin itu saja..semoga aku bisa menemukan usaha yang pas dan bisa menjanjikan masa depan bagiku... amiiiiiiiinnnnnnnn



No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)