Sunday, January 15, 2017

Pengertian Cerpen, Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Cerpen



Cerpen

Cerpen adalah karangan fiksi yang berbentuk prosa dengan rentang cerita yang relative pendek dan membatasi diri dalam membahas salah satu unsur fiksi dalam aspeknya yang terkecil.
Cerpen dibangun oleh unsur-unsur pembangun cerita yang sama. Unsur pembangun tersebut yaitu unsur intrinsic dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsic adalah unsur-unsur yang secara langsung membangun karya sastra itu sendiri sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra itu, tetapi tidak langsung memperngaruhi cerita.
Unsur intrinsic antara lain sebagai berikut:
1.      Tema yaitu gagasan pokok atau ide yang mendasari pembuatan sebuah karya sastra. Tema biasanya disampaikan secara implicit melalui cerita sehingga tidak langsung dikemukakan.
2.      Tokoh yaitu orang (individu) rekaan yang ada dalam imajinasi pengarang yang dituangkan ke dalam cerita. Tokoh berfungsi untuk mengembangkan cerita dan menyampaikan idek, gagasan, atau pikiran penulisnya.
3.      Penokohan yaitu pelukisan atau gambaran yang jelas tentang tokoh yang ditampilkan dalam cerita. Pelukisan tersebut meliputi watak dan bentuk fisik tokoh. Watak tokoh dapat ditampilkan secara langsung (analitik) dan secara tidak langsung (dramatic)
4.      Latar/ setting yaitu latar belakang peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam cerita (karya sastra). Latar belakang dibedakan menjadi 3 yaitu latar waktu, tempat, dan suasana.
5.      Alur/ plot yaitu rangkaian peristiwa yang saling berhubungan satu dengan yang lain dan membentuk sebuah cerita. Tahapan alur meliputi tahap penyituasian (pengenalan), tahap pemunculan konflik, tahap peningkatan konflik, tahap klimaks, dan tahap penyelesaian konflik.
6.      Sudut pandang yaitu cara pengarang mengungkapkan ceritanya. Sudut pandang pengarang meliputi:
a.       Sudut pandang orang pertama (menggunakan kata ganti orang aku dan saya)
b.      Sudut pandang orang ketiga (menggunakan kata ganti orang dia, ia, atau nama orang) dan
c.       Sudut pandang campuran (menggunakan kata ganti orang aku dan dia)
7.      Amanat yaitu pesan yang ingin disampaikan pengarang lewat karya yang dibuatnya. Pesan itu dapat berupa anjuran, ajakan dan nasehat.

Unsur ekstrinsik terdiri dari:
1.      Sikap, keyakinan dan pandangan hidup pengarang yang mempengaruhi karya yang ditulisnya.
2.      Latar belakang kehidupan pengarang diantaranya: keadaan lingkungan pengarang seperti ekonomi, politik dan sosial budaya.
3.      Psikologi pengarang yaitu keadaan kejiwaan pengarang ketika menulis karyanya (proses kreatif)
4.      Pandangan hidup suatu bangsa berbagai karya seni yang lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)