Apa yang melatarbelakangi pembelajaran mendalam?
1. Perubahan masa depan yang sulit diprediksi
2. Permasalahan mutu pendidikan di bidang literasi, numerasi, keterampilan berpikir tingkat tinggi dan ketimpangan pendidikan
3. Bonus demografi 2035 dan visi Indonesia 2045
4. Kompetensi masa depan
Mengapa perlu pembelajaran mendalam?
Karena untuk melengkapi pendekatan pembelajaran dengan menambah karakteristik praktik pedagogi. Aspek yang diperhatikan dalam pembelajaran mendalam adalah
a. keterlibatan yaitu guru membangun keterlibatan peserta didik sebagai subjek belajar untuk memperoleh pengalaman belajar yang bermakna
b. Berkesadaran yaitu guru lebih dapat membangun kesadaran peserta didik untuk menjadi pembelajar yang aktif termotivasi secara instrinsik untuk belajar serta aktif mengembangkan strategi belajar untuk mencapai tujuan
c. Memuliakan yaitu guru dan peserta didik lebih saling menghargai dan menghormati potensi, martabat, dan nilai-nilai kemanusiaan
d. Pengembang Budaya Belajar yaitu guru lebih dapat mengembangkan kreativitas dan berinovasi dan melibatkan peserta didik dalam mengembangkan pengalaman belajar
e. Pemanfaatan Teknologi Digital yaitu guru dan peserta didik lebih dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan efisiensi dan efektivitas pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran.
f. Multi/ Interdisiplin ilmu pengetahuan yaitu guru dan peserta didik lebih dapat menerapkan multi/ interdisiplin ilmu pengetahuan dalam proses pembelajaran.
Apa pengertian dari Pembelajaran Mendalam?
Pengertian pembelajaran mendalam adalah pendekatan yang memuliakan dengan menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan melalui olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga secara holistik dan terpadu.
Prinsip Pembelajaran Mendalam ada 3 yaitu
1. Berkesadaran (Mindfull),
Pengalaman belajar peserta didik yang diperoleh ketika mereka memiliki kesadaran untuk menjadi pembelajar yang aktif dan mampu meregulasi diri. Peserta didik memahami tujuan pembelajaran termotivasi secara intrinsik untuk belajar serta aktif mengembangkan strategi belajar untuk mencapai tujuan.
2. Bermakna (Meaningfull)
Peserta didik dapat merasakan manfaat dan relevansi dari hal hal yang dipelajari untuk kehidupan. Peserta didik mampu mengkonstruksi pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan lama dan menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan nyata.
3. Menggembirakan (Joyfull).
Pembelajaran yang menggembirakan merupakan suasana belajar yang positif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi. Peserta didik merasa dihargai atas keterlibatan dan kontribusinya pada proses pembelajaran. Peserta didik terhubung secara emosional sehingga lebih mudah memahami, mengingat dan menerapkan pengetahuan.
No comments:
Post a Comment
terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)