Saturday, January 12, 2013

Cinta Terlarang


Cinta Terlarang
***
Tetes demi tetes air mulai jatuh. Daun, tanah, dan jalan-jalan pun terlihat basah. Tetesan air itu jatuh semakin deras. Hingga aku yang sedang duduk di bangku taman Ponorogo itu mulai kuyup. Benar-benar penantian yang berbuah kesia-siaan. Dia yang sangat aku harapkan, tak jua kunjung datang. Mungkin dia lupa, atau mungkin……. Dia kenapa-napa. Pertanyaan yang begitu banyak tersirat di benakku.
***
Rena, sebuah nama yang indah, seindah orangnya. Aku telah lama berteman dengannya. Kurang lebih 6 tahun lamanya. Bahkan mungkin aku telah dianggap sebagai kakaknya sendiri. “ Mas Vio” yah begitulah dia kerap kali memanggilku. Meskipun derajat sekolah kita sama namun usiaku 1 tahun lebih tua darinya. Mungkin dia lebih nyaman memanggilku dengan panggilan itu.
***
Esok harinya…..Pagi ini SMA 4 PONOROGO terasa begitu dingin. Mungkin karna sisa hujan kemarin, tampak juga tanah nya masih basah. Seperti hari Senin sebelumnya upacara bendera berlangsung. Ku mencari-cari ke kanan-kiri. Dimana Rena???? Oh ternyata sebelum upacara dimulai dia datang, syukurlah dia nggak kenapa-kenapa, gumamku dalam hati.
***
TENG-TENG………Bel istirahat berbunyi. Anak-anak yang tak sabar mengisi perutnya yang lapar langsung menuju kantin. Ada satu-dua anak yang masih melanjutkan catatan mreka yang belum selesai mereka catat dan Rena yang terlihat risau. Ada apa??? Nggak biasanya dia seperti itu. Biasanya dia langsung mengajak aku dan teman-temannya menuju kantin. Kucoba menghampirinya.
“ Ren, kemaren kemana??? Katanya mau cari buku buat ujian?? Kok nggak datang???”
“ Eh mas Vio, kemaren aku dirumah sakit,,,, bapak sakit mas”
“ Sakit ??? sakit apa Ren??”
“ Ini….. sakit tifus mas”
“ Moga cepet sembuh ya bapakmu. Sudah sarapan belum ???”
“ Aminnn. Sudah mas, tadi pagi dirumah sudah sarapan. Mas Vio kalo belum sarapan , gih sana ke kantin, ntar sakit lho”
“ ya udah , tak ke kantin dulu ya,, jangan murung mulu dong,jelek tauk…:p” sambil ngacak-ngacak rambutnya.
“ ih sana-sana……”
** Pulang sekolah……
“ Mas hari ini aku pulangnya ndak sama kamu, Mas Vio pulang duluan aja”
“ Loh kenapa ?? kan kemaren nggak jadi beli buku,sekarang aja beli bukunya”
“ Aku harus ke rumah sakit maas, gantian jaga bapak. Kalo mas Vio mau beli buku, aku nitip ya ntar uangnya aku ganti. Oke ”
“ oh gitu, kalo gitu aku antar aja Ren, sekalian aku tak jenguk bapakmu. Kalo  beli bukunya ntar sore aja bisa”
“ Oh iya udah kalo gitu mas… ayo..”
“ ayo “
** Dua minggu berlalu… Bapak Rena sudah sembuh dari sakitnya. Mungkin perasaan Rena sudah membaik. Dia sudah tak murung lagi.
** pulang sekolah……………..**
“ Ren,,, besok minggu jalan-jalan yuk”
“jalan-jalan??? Ah Mas Vio ini ada-ada aja. Kita udah kelas 3 mas, harus belajar giat biar nilai ujiannya memuaskan”
“Kamu ini Ren Ren,,,, mbok ya sekali-sekali refreshing gitu..:) Biar ndak stress.. ayo lah”
“Hmmmm Bener juga katamu mas,, boleh dech kalo gitu.”
“ Nah gitu dong,,,, oke Hari Minggu pagi y Ren”
“Oke mas”
“Nah … dah nyampek rumahmu Ren”
“ Sampai ketemu besok mas”
“iya… mas pulang dulu ya”
“hati-hati”
“oke”
** Rumah Rena memang tak begitu besar, namun terlihat sangat indah. Banyak bunga yang slalu dirawatnya dengan baik. Pohon mangga di depan rumah itu juga membuat rumah terlihat sejuk.**
“ Ada apa to nduk, kok terlihat seneng banget hari ini??”
“ Hehe besok mau jalan-jalan sama mas Vio buk. Sudah lama ndak jalan-jalan.:D”
“Kok sampe’ segitunya . jangan-jangan kamu ada hubungan special yo sama mas Vio
“ Ah ibuk ini, mboten buk”
“ ya,,,pacaran boleh saja tapi ntar kalo kamu sudah punya kerjaan tetap, dan satu lagi jangan pacaran sama mas Vio itu”
“ memangnya kenapa buk?? “ (penasaran)
Ibunya menceritakan alasan kenapa dia tidak boleh berpacaran sama mas Vio. Rena menelan ludah mendengar alasan ibunya tersebut. Alasan yang sangat sulit untuk dipercaya bagi Rena. Diakhir penjelasan ibunya………
“……….. Lagian kamu kan sudah kelas 3 , mbok ya jangan maen-maen terus”
“ Ah ibuk , sekali-kali ndak papa to buk?? J Lagian Rena juga ndak pacaran kok sama mas Vio”
“ Iya nduk ibuk percaya, ibuk Cuma mengingatkan. Ya sudah cepet mandi, sholat , terus makan”
“ Iya buuuk”
*** Minggu pagi yang cerah, sangat cerah mungkin bagiku. Dan kuharap Rena juga merasakannya. Minggu pagi ini kuhabiskan waktu dengan Rena. Pergi ke Telaga Ngebel mungkin menjadi tujuan yang sangat menyenangkan. Banyak hal menarik disana. Soal makanan ada banyak jadi tak perlu khawatir kelaparan disana. Nila bakar dan durian menjadi makanan yang kami pilih. Menikmati indahnya telaga Ngebel bersama orang yang terkasih memang sangat indah. Namun apakah Rena juga merasakannya??***
“ eh Ren”
“Iya mas Vio” (menatap indahnya Telaga Ngebel)
“ Kamu mau nggak jadi pacar mas Vio”
Kaget dan mungkin shock “ Apa?? Pacar mas Vio?? Haha jangan bercanda deh mas. Nggak lucu.”
“ Serious Ren”
“Serious”
“Iya serious”
“Serious…”  berfikir sejenak  ” mungkin enggak mas”
“ Mungkin?? Kenapa mungkin. Yang jelas dong Ren iya atau tidak??”
“hmmm kalo gitu  jawabannya tidak”
“Jangan terburu-buru mengambil keputusan , dijawab besok juga nggak papa ”harapku agar jawabannya akan berubah
“ Tetep ndak mas”
“ Kenapa Ren??”
“ya … rasanya terlalu sulit mas,, takut akan mengganggu konsentrasi belajar ”
“ Hanya itu??”
“iya,,,, mungkin”
“ bukannya malah bagus?? Pacaran sambil belajar bareng Ren?? ”
“ Tetep aja sulit mas”
“ Ya di buat mudah dong Ren”
“ Kesannya maksa banget sih mas.. :D”
“Haha enggak Ren, Cuma ngarep aja. Yaudah ndak usah di bahas lagi ya. Anggap aja mas nggak pernah ngomong ini. “
Rena mengangguk .
*** hmm Itulah salah satu sifat yang membuatku kagum padanya. Tetap bisa membuat suasana menjadi santai meski dalam keadaan yang serius. Tak perlu memikirkan apa yang telah kusampaikan padanya, toh dia juga tak terlalu memikirkannya. Dia tak berubah sikap padaku saja, itu sudah membuatku lega. ***
Ujian Nasional yang sangat menegangkan. Penentu hasil belajarku selama 3 tahun di SMA dan juga penentu masa depanku nanti . Tapi Rena, sepertinya dia tenang-tenang saja. Hanya senyum yang menghiasi wajahnya.
“ Udah siap ujian ni kayaknya?” gurauku
“ Pasti nya J.. udah disiapin berbulan-bulan kog, ya harusnya udah siap. Hehe mas sendiri gimana? “
“ Ya gimana ya Ren, masih deg-deg an.”
“ Udahlah mas Vio tenang aja, kerjakan dengan santai dan focus. Lagian mas Vio juga udah ikut les dimana-mana, pastinya banyak ilmu yang udah mas Vio dapat. Jadi, percaya diri aja lah mas dan serahkan semua pada Allah SWT. Jangan lupa berdoa sebelum ngerjain soalnya. oke”
“ Iya Ren, bener juga. Moga semuanya bisa lulus dan dapat nilai yang baik serta dapat nglanjutin cita-cita. Amiin J
“ Aminn ya robbal ‘alamiin. Eh bel udah bunyi, ujian sebentar lagi dimulai. Good luck mas”
“ oke good luck too.”J
Belajar selama 3 tahun ditentukan 4 hari. Yang benar saja. Tapi untunglah semuanya dapat berjalan dengan baik. Support Rena membuatku yakin kalau aku dapat mengerjakan semua soal itu dengan baik. Akhirnya, aku dapat nilai yang memuaskan, meskipun bukan nilai sempurna tapi masih bisa dibilang sempurna untuk ukuran anak laki-laki di sekolahku. 38,50 benar-benar menakjubkan . Rena sendiri mendapat 39,90. Tak perlu heran dengan hal itu. Dia memang anak yang pandai.
“ Selamat Ren, benar-benar hebat kamu.”
“ Terima kasih mas, padahal dikit lagi sempurna, tapi ya sudahlah di syukuri aja.:)”
“ Iya apapun hasilnya kalau kita sendiri yang ngerjain pasti hasilnya akan sangat memuaskan.”
“ Iya mas. Betul betul betul J
“ Oh Iya mau lanjutin dimana? Jadi di Universitas yang kamu impikan itu? “
“ Hmmm mungkin enggak mas, belum ada ongkos. Mau kerja dulu aja”
“ Ya moga kamu cepet dapat kerja dan cepet lanjutin kuliah ya Ren .... amiinn”
“ Ya robbal ‘alamin, makasih mas do’anya... heheh moga mas juga diterima di Universitas yang mas impikan itu”
“Amiinn.... oiya gak ikut konvoi kelulusan Ren?? Ayo ikut!!!”
“ Ah enggak ah mas, ntar malah di corat-coret nih bajuku sama temen-temen,, kan baju nya mau di lusur adikku mas”
“ Ow yaudah kalo gitu gimana kalo kita ke Telaga Ngebel aja,,, jalan-jalan”
“Telaga Ngebel ?? Jalan-jalan??”
“ iya” (dalam hatiku menyesal mengajaknya lagi ke tempat aku melakukan hal yang paling konyol dulu, padahal aku berharap Rena melupakannya tapi aku malah mengingatkannya... dan ku rasa Rena mulai mengingatnya,,,) “ Sambil ngrayain kelulusan kita”
“ Hmmm oke deh mas,, dari pada di sini ntar malah dicoret-coret temen-temen” J
(untunglah dia benar-benar sudah lupa dan tak mengungkitnya lagi.... )
“Mas Vio masih ingat, waktu kita ke sini sebelum ujian?”
Haaa??? Dia menanyakanku.. ku kira dia sudah melupakannya... oh tuhan ...
“Hmmm ma ma masih kok Ren, kenapa?”
“Mas Vio tahu apa yang sebenernya aku rasain waktu itu?? mmmm Sebenernya aku seneng banget Mas Vio ternyata juga sayang sama aku.”
“Maksud kamu Ren?”
“Iya mas sebenarnya aku juga sayang sama Mas Vio, tapi ternyata Ibu sudah melarangnya sebelum mas mengatakan hal itu. Ibu sudah mewanti-wanti aku untuk tidak punya hubungan yang serius sama mas Vio”
Ohh Tuhan apa salahku pada ibunya Rena sampai-sampai beliau tidak mengizinkan aku untuk berpacaran dengan Rena..
“Apa alasan ibumu melarang kita pacaran Ren?? Bukankah kita sudah kenal lama, aku kira juga ibu kamu selalu baik padaku. Apa ibu kamu khawatir kalau aku mengecewakanmu??”
“Bukan itu mas alasannya. J mungkin jika aku katakan mas gak bisa percaya dengan alasan konyol ibuku itu”
“Memang apa alasannya Ren” tanyaku penasaran.
“Gini mas, menurut adat Jawa yang dipercayai masyarakat kita, pernikahan ketiga nggak boleh sama pernikahan pertama. Kakak Mas Vio kan dua-duanya udah nikah. jadi kalo misalnya Mas Vio akan nikah kan jadi pernikahan yang ketiga. Nah disitu mas Vio nggak boleh nikah sama anak keluarga yang baru akan mengadakan pernikahan pertama kali. Katanya sih ada aja halangan.”
“Hahaha adat apa itu Ren” gurauku “ada-ada aja, lagian kan aku dulu Cuma minta kamu jadi pacar aku Ren bukan istri..” jawabku
“Hmmm tapi pacaran itu nanti juga menuju ke pernikahan kan Mas.”
“Iya juga sih Ren, tapi apa kita sebagai orang yang beragama harus percaya dengan adat-adat yang tidak berdasar itu??”
“Yah sebenarnya aku juga ragu mas, tapi setelah ku pikir-pikir kalo emang jodoh, nggak mungkin dipersulit dengan adat-adat seperti itu. Mungkin memang belum jodoh. Yah kita ikuti aja mas.”hehehehe
“Hmm oke dech, atau gini aja biar adikmu dulu deh yang nikah ntar kita nyusul. Hhahaha” Gurauku padanya.
“hahaha mas Vio ada-ada aja. Adikku kan masih kelas 5 SD. Hahaha” tawa dia lepas.
“eh udah dah sore ni Ren, ayo pulang”
“iya mas, ayo..” J
“Tuhan kenapa harus ada adat Jawa yang menyulitkan itu. Seandainya aku nggak hidup di dalam adat ini dan andai aja kakak ku belum nikah, pasti .... hmmm ya sudahlah untuk apa disesali toh kalo emang jodoh juga akan dipermudah jalannya.” Pikirku optimis.
Tapi akhirnya aku mengerti apa makna dari semua itu. Tuhan memang telah menyiapkan bidadari surga lain untukku yaitu Rahma. Aku mengenalnya saat aku masuk bangku kuliah. Seorang yang telah mengisi hidupku hingga hampir 14 tahun ini dan aku harap akan selamanya sampai nafas terakhirku....



No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar ya sahabat :)